Cara Atau Resep Diet Ibu Menyusui Yang Aman : Panduanibu

Cara Atau Resep Diet Ibu Menyusui Yang Aman
Share ke Facebook Share ke Twitter

Pola makan yang seimbang mempunyai peran yang sangat penting untuk ibu yang sedang menyusui. Membutuhkan banyak gizi serta nutrisi yang cukup untuk mendapatkan ASI yang berkualitas, karena jika asupan yang ibu konsumsi tidak mempunyai gizi yang simbang juga akan berpengaruh untuk kesehatan si kecil.

Makanan ibu hamil setidaknya harus mengandung karbohidrat seperti, sayuran, buah, dan juga nasi. Selain itu, makanan yang dikonsumsi juga harus mengandung produk susu serta protein. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana jika ibu mempunyai berat badan yang berlebihan dan ingin melakukan program diet? Bolehkah ibu menyusi melakukan diet?

Ibu menyusui boleh saja melakukan program diet, hanya saja harus mengikuti anjuran diet ibu menyusui yang aman. Karena jika sembarangan justru akan berdampak buruk untuk kesehatan bayi. Beberapa ibu yang menyusui memang menginginkan berat badan kembali normal, dan tentu saja hal ini juga harus kita pertimbagkan dengan gizi yang seimbang untuk mendapatkan hasil ASI yang berkualitas.

ASI merupakan sumber makanan utama untuk bayi pada usia 0 hingga 6 bulan. Karena dengan ASI inilah yang akan menjadi pemenuh kebutuhan gizi bayi anda, bahkan pada saat anda mengalami gangguan kesehatan juga akan berdampak pada bayi. Akan tetapi jika anda menggunakan diet yang terlalu rendah kalori dan mengesampingkan nilai gizinya, maka hal tersebut juga pastinya akan berpengaruh pada kualitas ASI anda.

 

Tips Diet bagi Ibu Menyusui
Ibu menyusui harus bisa menjaga kesehatannya, tidak hanya kesehatan fisik, namun juga kesehatan emosional. Dengan emosi yang tenang, santai dan juga nyaman bisa menjadikan produksi ASI lebih lancar, dengan begitu bisa dipastikan jika tumbuh kembang bayi akan lebih optimal. Meski demikian, bisa juga melakukan diet saat masih menyusui, hanya saja perlu dilakukan dengan banyak pertimbangan.

Menurunkan berat badan dengan cara mengurangi kalori pada waktu menyusui memang sangat tidak dianjurkan, karena hal ini akan berpengaruh terhadap ASI yang dihasilkan. Dan untuk menjaga agar kualitas ASI tetap bisa terjamin, sang ibu harus memberikan tambahan asupan perharinya kurang lebih sekitar 300 kkal.

Cara terbaik untuk menurunkan berat badan saat menyusui adalah dengan proses bertahap. Salah satu contohnya dengan merencanakan waktu untuk mendapatkan berat badan yang ideal dengan durasi waktu 10 hingga 12 bulan. Dengan adanya perencanaan ini, bisa dipastikan anda tetap bisa memberikan kebutuhan ASI terbaik untuk bayi.

Sebisa mungkin hindari menurunkan berat badan atau diet hingga 2 bulan setelah kelahiran sang buah hati. Karena dengan melakukan diet rendah kalori pada beberapa bulan pertama akan membuat anda kehilangan energi dan juga bisa mengurangi pasokan ASI. Untuk anda ibu menyusui yang sedang membutuhkan resep diet ibu menyusi yang aman, berikut kami bagikan tipsnya untuk anda.

Hindari makanan cepat saji.
Makanlah dengan menggunakan porsi kecil namun sering. Jangan sekali-kali melarikan pada makanan jika terjadi stress, tapi alihkan untuk mengajak bermain si kecil.
Usahakan mengkonsumsi makanan yang mengandung buah dan juga sayur, mempunyai sumber protein rendah lemak, karbohidrat, lemak skim dan juga cukup cairan. Misalnya tahu dan tempe, ayam tanpa kulit dan juga kacang-kacangan.
Tetaplah memberikan ASI pada bayi hingga usia 2 tahun, karena pada waktu ibu menyusi tubuh akan memproduksi hormon yang mampu menurunkan berat badan serta mampu mengembalikan bentuk tubuh secara alami.

Itulah beberapa cara atau resep diet untuk ibu menyusui yang aman, mungkin bisa anda gunakan sebagai refrensi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Sumber :

Sumber : https://www.teknohits.com