Cara menggunakan senjata tradisional Baliung Jawa Barat : BursaLoker

Variasi senjata tradisional Jawa Barat unik dan harus dilestarikan

Pengetahuan tentang berbagai senjata tradisional Jawa Barat merupakan bentuk kecintaan terhadap tanah air dan negara. Sebagai generasi penerus bangsa, para pemuda bangsa dan perempuan dapat mengenal berbagai jenis budaya tanah air agar lebih terpelihara.

Sehingga, warisan budaya tidak akan hilang bagi anak cucu nantinya. Pada kenyataannya, Indonesia memang negara yang kaya akan budaya. Tidak hanya senjata tradisional, tetapi juga  banyak lagu daerah, pakaian adat, di rumah-rumah adat dan selama ini telah dilestarikan untuk kemajuan bangsa.

5 Senjata tradisional Jawa barat

Provinsi Jawa Barat yang merupakan bagian dari Pulau Jawa ini memiliki beragam keunikan yang sungguh menawan. Anda dapat menemukan berbagai peralatan antik unik yang akan memukau Anda dari waktu ke waktu.   Di  masa lalu, senjata-senjata ini di masa lalu digunakan dalam melakukan kegiatan kerja.

Warga Provinsi Jawa Barat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, mulai dari berburu, bertani, hingga sebagai alat untuk melindungi diri. Namun, waktu terus berkembang. Senjata tradisional tidak lagi digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaannya kemudian dilestarikan dan kini disimpan di berbagai museum.

Beberapa jenis senjata tradisional Jawa Barat juga masih dimiliki oleh masyarakat  Sundanez. Varietas yang dapat Anda kenali hingga era modern adalah sebagai berikut.

  1. Bedog

Bedog adalah senjata yang mirip dengan pisau. Ukurannya sepertinya cukup besar. Sebagian besar penduduk pulau Jawa harus akrab dengan Bedog. Ukurannya mencapai 40 cm dan terbuat dari baja dan besi. Baja dan besi kemudian juga dimurnikan melalui pipa dengan cara ditempa.

  1. Kepiting

Di kalangan masyarakat Provinsi Jawa Barat,  senjata tradisional Jawa Barat  disebut bertahun-tahun. Ini adalah benda yang dilengkapi dengan mata gerinda di satu sisi  dan kayu tangan di sisi lain. Alat ini digunakan untuk melakukan panensayuran mulai dari kangkung. Peralatan ini juga digunakan untuk memanen padi.

  1. Congkrang

Senjata ini jika dilihat sekilas mirip dengan cangkul. Ukurannya lebih mudah dipahami dengan tangan. Sebagai aturan, alat ini digunakan di perkebunan untuk pertanian. Congkrang lebih sering digunakan oleh wanita. Sementara itu, laki-laki lebih sering menggunakan cangkul.

  1. Sulimat

Provinsi Jawa Barat memang sangat kaya akan keanekaragaman senjata. Sulimat merupakan objek untuk mengupas kelapa dari kulit. Bilahnya tajam dan tajam, sehingga bisa digunakan untuk mengupas kulit kepala yang keras.

  1. Emas

Keberadaan ini bisa sangat populer di berbagai daerah. Ini digunakan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Bilahnya melengkung tajam, dan bentuknya seperti bulan sabit. Kehadirannya digunakan untuk memotong semak dan tumbuhan.

Fungsi senjata tradisional Jawa Barat Kujang dan jenisnya

Sampai saat ini, Anda perlu mengetahui berbagai peralatan masa lalu dari berbagai daerah, termasuk provinsi Jawa Barat. Namun sebenarnya, apa manfaatnya? Ada berbagai manfaat yang bisa dimanfaatkan.

Salah satu senjata tradisional Jawa Barat adalah Kujang. Anda harus terbiasa dengan ini. Ternyata, jenisnya cukup bervariasi. Setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda- beda. Berikut adalah beberapa fitur dan jenisnya.

Kujang telah menjadi alat khas Sunda. Masyarakat suku Sunda bahkan percaya bahwa benda-benda tersebut mengandung sihir dan kesucian.   Itulah sebabnya mereka menyebutnya sebagai Hyang atau Kudi, yang merupakan bahasa kuno.

Mereka percaya bahwa Kudi atau Hyang memiliki kekuatan okultisme. Dalam bahasa Sundane kuno, Hyang diartikan sebagai Tuhan. Oleh karena itu, Kujang dianggap memiliki kekuatan di mana kekuatan itu berasal dari para dewa.

Ukurannya bervariasi. Beberapa memiliki ukuran 20 cm, dan yang lain 25 cm. Ini digunakan oleh pria. Sejarawan peneliti telah melakukan penelitian. Hasilnya luar biasa. Dikatakan bahwa senjata itu digunakan pada abad ke-8.  Sampai saat ini,  senjata tradisional Jawa Barat memiliki berbagai fungsi seperti:

  1. Alat pertanian

Sebagian masyarakat Sunda menggunakan Kujang untuk pertanian. Mereka juga menggunakannya untuk nyacar untuk memotong tumbuhan liar.

  1. Simbol

Senjata Kujang juga belum tentu digunakan dalam melakukan berbagai aktivitas, melainkan sebagai simbol.

  1. Objek

Senjata ini juga digunakan sebagai pelindung senjata dalam melakukan perang.

  1. Hiasan

Banyak orang di provinsi Jawa Barat sejauh ini memiliki senjata dari masa lalu untuk dipajang di rumah mereka.

Cara menggunakan senjata tradisional Baliung Jawa Barat

Selain kujang, baliung merupakan salah satu peralatan masa lalu dari Sunda yang masih dilestarikan hingga saat ini. Bentuk objeknya seperti kapak, tetapi sudah terlihat sedikit lebih modern. Fungsinya hampir seperti kapak pada umumnya, yaitu untuk melakukan penebangan pohon berukuran besar.

Jadi, peralatan ini tidak hanya bersejarah sebagai peralatan tradisional. Orang-orang Sundanez masih menyimpannya dan bahkan menggunakannya sampai memasuki zaman modern seperti sekarang. Orang-orang yang sering menggunakannya adalah orang-orang yang bekerja di bidang kehutanan.

Ini memiliki bentuk yang agak unik. Ukurannya mencapai 35 cm jika diukur ke atas. Jika dilihat, gagangnya terlihat cukup tebal pada pandangan pertama. Jika dinaikkan cukup kuat. Dengan cara ini, daya potong yang akan dihasilkannya tentu sangat tinggi.

Anda bisa menemukan sisi baliung dengan permukaan yang tajam dan tebal. Bagian yang panjang dan tebal kemudian dipastikan bisa memberikan goresan pada kulit pohon yang akan ditebang. Pohon kayu keras juga bisa digaruk menggunakan Baliung.

Museum Bandung Koleksi Senjata Tradisional Jawa Barat

Di berbagai daerah di negara ini, peralatan tradisional yang digunakan sejak jaman dahulu memang terus dilestarikan. Mereka ditempatkan di dalam museum sehingga generasi saat ini masih  dapat  menggunakannya, serta mempelajarinya.

Nah, sepertinya tidak banyak yang tahu bahwa Museum Bandung memiliki koleksi benda-benda bersejarah, termasuk senjata tradisional dari Sunda. Koleksinya banyak dan luar biasa. Mereka terawat dengan baik, sehingga sangat mudah bagi setiap pengunjung untuk melihat mereka dan belajar tentang mereka.

Anda bisa melihat berbagai koleksi senjata perang kuno tepatnya di Bumi Pakarang Sasusuhan. Museum ini terletak di Arcamanik KOTA Bandung. Museum ini sebenarnya dimiliki oleh Gun Gun Gurnadi. Selain digunakan sebagai museum, ia menggunakannya sebagai tempat tinggal.

Di lantai satu, kamu bisa menemukan lemari kaca dengan berbagai senjata khas Provinsi Jawa Barat. Ada Keris, Kujang dan masih banyak lainnya. Memasuki lantai dua, Anda dapat melihat berbagai jenis benda yang dipajang di lemari kaca, di dinding dan diletakkan di atas meja.

Juga, Anda pasti akan terkejut ketika Anda memasuki lantai 3 nomor. Di lantai, berbagai jenis ras anjing, kujang dan belati ditampilkan  . Dinding di lantai 3 hampir penuh dengan segala macam senjata yang dipajang. Bahkan rak-rak pemiliknya dibuat dengan alasan dindingnya tidak cukup untuk memajang senjata.

Generasi muda dapat mencintai budaya dan tanah air melalui peran dan melestarikan berbagai  peralatan tradisional. Bahkan, Anda bisa mencoba menggunakannya ketika barang tersebut benar-benar terjual. Peliharalah senjata tradisional Jawa Barat untuk kebaikan bangsa.

Read More :

Sumber : https://www.teknohits.com